Thursday, December 27, 2012

INDONESIA TERMASUK MEMILIKI SUMBER CADANGAN ALAM TERBESAR DIDUNIA

Sudah tidak lagi menjadi rahasia umum bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan sumber alam terbesar di dunia. hal ini di perkuat dengan informasi yang kita telusuri dan pernyataan yang oleh para ahli pertambangan.
beberapa pertambangan itu yang paling terkenal adalah pertambangan grasberg di papua indonesia. yang berbasis di amerika serikat. pertambangan yang berada di atas gunung ini menurut sejarah nya di temukan oleh geologis belanda, jean jacguez dozy yang mengunjungi indonesia pada tahun 1936 ia menulis catatan tentang ertsberg (bahasa belanda). 20 thn kemudian geologis forbes wilson bekerja untuk pertambangn free membaca laporan geologis belanda tersebut dalam tujuan tugas mencari cadangan nikel namun sudah jelas melupakan nikel karena ada pertambangan yang lebih menjanjikan. lalu dilakukan perjalan untuk memeriksa ertberg. ekspedisi yang di pimpin oleh forbes wilson dan del flint, menemukan deposit tembagayang besar di ertsberg pada thn 1960. pertambangan ini di perkirakan memiliki cadangan emas 46 juta ons. pada tahun 2006 memproduksi 610.800 ton tembaga, 58.474.392 gram emas dan 174.458.971 gram perak.
sekarang sudah tahun 2012. apakah masih ada yang tersisa?  hix..hix..hix... tinggal kenangan.

namun indonesia menurut IGJ (indonesia for global justice) salah satu negara dengan cadangan emas terbesar didunia  yang di perkirakan mencapai 2800 ton dari total cadangan emas didunia yg di perkirakan 89.000 ton , indonesia peringkat ke 7 memiliki cadangan emas ter besar didunia. banyak media internasional mempublikasikan soal indonesia sebagai salah satu produsen tembaga terbesar di dunia pada posisi ke 6. setelah amerika mexico peru, australia.dan chili.

sedangkan indonesia menurut IGJ dalam hal memproduksi perak pada urutan ke 17, namun sayang nya hasil pertambangan tersebut masih mentah sudah di eksport. coba kalau dimasak dulu tentu harga nya jauh lebih besar. heheeee.

bagai mana dengan pertambangan timah? tercatat sesuai dengan yg kita telusuri pada tahun2009 produksi timah di indonesia mencapai 55.000 ton. dan china berada pada urutan pertama dalam memproduksi timah sebanyak 115.000 ton.

namuna alam indonesia memang terbukti kekayaan nya. karena bukan hanya emas,timah perak dan tembaga saja yang terkandung di alam indonesia. masih banyak lagi seperti batu bara, gas dan minyak bumi.

dan masih banyak lagi kekaya'an alam indonesia dari hasil laut dan pertanian dengan tanah yang subur menjadikan tembakau indonesia menjadi pilihan terbaik di dunia internasional.
namun semuanya tidak setimpal dengan apa yang dirasakan oleh rakyat indonesia sa'at ini.
allahhu alam... hanya allah yang tahu.

apakah hanya dilihat saja,... apakah hanya mendengar saja,... apakah tidak bisa rakyat merasakan kekayaan alam nya sendiri.

sudah saatnya kita yang melakukan ...  







No comments:

Post a Comment